2 Gempa Susulan di Sumatera Barat tercatat oleh BNPB, Pusdalops BNPB terus memutakhirkan data terkini dampak gempa magnitudo (M) 6,1 yang berdampak pada beberapa wilayah di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Kamis (25/2/2022) pagi pukul 08.39 WIB. Data sementara mencatat total jumlah korban meninggal mencapai 7 orang. Selain itu tercatat, telah terjadi dua gempa susulan.

Menurut Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, terjadi dua gempa susulan yang cukup signifikan dengan M 5,0 pada pukul 11.02 WIB dan gempa M 5,1 pukul 11.06 WIB.

Merespons gempa tersebut, Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto telah memerintahkan tim reaksi cepat (TRC) BNPB untuk melakukan kaji cepat situasi dan kebutuhan, serta memberikan pendampingan penanganan darurat di Sumatra Barat.

Suharyanto dan jajarannya juga akan bertolak pada esok hari untuk meninjau lokasi terdampak dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk memastikan penanganan darurat berjalan efektif.

Pusdalops BNPB menginformasikan pada pukul 16.30 WIB jumlah korban meninggal teridentifikasi 3 orang di Kabupaten Pasaman Barat dan 4 di Kabupaten Kabupaten Pasaman. Sedangkan total korban luka-luka mencapai 85 orang, dengan rincian luka berat 10 orang dan luka ringan 50 orang di Pasaman Barat, serta 25 orang di Pasaman.

Sumber : BeritaSatu
Penulis : Kita Raja

Share: