Cara Merawat Pasien Penderita Diabetes Melitus

Cara Merawat Pasien Penderita Diabetes Melitus

Posted on

Diabetes Melitus merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh orang Indonesia. Penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah ini bisa menyerang setiap orang meski umumnya dialami oleh orang tua. Tak hanya itu, diabetes juga bisa menjadi komplikasi apabila tidak dirawat sejak dini. Namun, sudah tahukah Anda cara untuk merawat pasien diabetes? Sebab, merawat pasien diabetes tidak sekadar mencari obat di apotik terdekat saja melainkan juga harus dilakukan dengan cara yang tepat

Kenali Penyakit Diabetes yang Diderita

Diabetes selama ini dianggap sebagai penyakit bagi orang-orang yang kelebihan gula. Anggapan ini jelas bukan suatu hal yang salah mengingat kadar gula dalam darah jadi salah satu indikator utama apakah seseorang bisa menderita diabetes melitus atau tidak. Tapi, lebih dari sekadar kelebihan gula darah, diabetes juga perlu dikenali terutama tipe diabetes manakah yang diderita.

Pada dasarnya, ada dua jenis diabetes yang umum diderita oleh setiap orang yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Pada kondisi diabetes melitus tipe 1, tubuh kekurangan insulin atau bahkan tidak memproduksi insulin sama sekali. Insulin berguna untuk mengubah glukosa atau gula menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara itu, diabetes tipe 2 terjadi ketika sel tubuh menjadi kebal atau tidak lagi responsif terhadap hormon insulin hingga mengakibatkan gula darah meningkat. Keduanya punya metode pengobatan yang berbeda dan perlu diketahui terlebih dahulu.

Rencanakan Pola Makan yang Sehat

Salah satu penyebab mengapa seseorang bisa menderita diabetes melitus adalah pola makan yang kurang baik. Asupan nutrisi yang tidak seimbang jadi salah satu alasan mengapa tubuh bisa menderita kelebihan gula darah. Agar dapat menurunkan kadar gula darah atau sekadar mengontrolnya di batas aman, maka usahakan untuk merencanakan pola makan yang sehat untuk tubuh.

Mengatur pola makan sehat tidaklah sulit, Anda bisa memulainya dengan mengatur menu makanan sehari-hari. Apabila Anda memiliki menu favorit dengan kadar gula yang cukup tinggi, perhatikan frekuensi dan porsi makannya. Sementara itu, Anda juga bisa mengganti pemanis tinggi kalori dengan yang rendah kalori untuk meminimalisir meningkatnya kadar gula dalam darah. Buat juga makanan sendiri agar Anda bisa mengetahui seberapa tinggi kadar gula yang ada dalam setiap porsi makanan Anda.

Referensi artikel : https://www.guesehat.com/cara-mengobati-luka-pada-pasien-diabetes