Apa itu Penyakit coronavirus (COVID-19), dan Bagamaiana Mencegah Virus Corona

Apa itu Penyakit coronavirus (COVID-19), dan Bagamaiana Mencegah Virus Corona ?

Posted on

Penyakit coronavirus (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus baru yang belum teridentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus ini menyebabkan penyakit saluran pernapasan (seperti flu) dengan gejala seperti batuk, demam, dan pada kasus yang lebih parah, pneumonia. Anda dapat melindungi diri Anda dengan mencuci tangan secara rutin dan menghindari menyentuh wajah Anda.

CARA PENYEBARAN VIRUS CORONA

Penyebaran utama coronavirus baru ini adalah melalui kontak dengan orang yang terinfeksi saat mereka batuk atau bersin, atau melalui tetesan air liur atau cairan hidung.

Penyakit coronavirus (COVID-19) memiliki ciri-ciri berupa gejala ringan seperti pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan demam. Penyakit ini dapat memiliki gejala yang lebih parah bagi sebagian orang dan dapat menyebabkan pneumonia atau sesak napas.

Dalam kasus yang lebih langka, penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Orang-orang berusia lanjut, dan orang-orang yang memiliki gangguan medis lainnya (seperti asma, diabetes, atau penyakit jantung), lebih rentan untuk mengalami gejala yang parah.

Orang-orang mungkin mengalami:
– pilek
– sakit tenggorokan
– batuk
– demam
– kesulitan bernapas (kasus yang parah)

Saat ini belum ada vaksin untuk mencegah penyakit coronavirus (COVID-19).

Anda dapat mengurangi risiko penularan jika Anda:
– Membersihkan tangan secara rutin dengan cairan pencuci tangan berbahan alkohol atau sabun dan air,
– Menutupi hidung dan mulut dengan tisu atau siku yang ditekuk saat batuk dan bersin,
– Menghindari kontak jarak dekat (1 meter atau 3 kaki) dengan siapa pun yang memiliki gejala selesma atau flu.

Tidak ada obat khusus untuk mencegah atau mengobati penyakit coronavirus (COVID-19). Orang-orang mungkin memerlukan perawatan suportif untuk membantu pernapasan mereka.

Jika Anda memiliki gejala ringan, beristirahatlah di rumah hingga pulih. Anda dapat menghilangkan gejala tersebut jika Anda:beristirahat dan tidurmenjaga suhu tubuh tetap hangatmeminum banyak cairanmenggunakan pelembap ruangan atau mandi dengan air hangat untuk membantu meringankan sakit tenggorokan dan batuk.

Jika Anda mengalami demam dan batuk, beristirahatlah di rumah hingga pulih dan setidaknya selama 14 hari agar menjaga orang lain tetap sehat.

Penting untuk kita ketahui bersama bahwa:

  1. Corona merupakan virus berukuran besar. Diameter virus ini 400-500 micro, sehingga masker jenis apa pun dapat mencegah masuknya ke tubuh kita dan tidak perlu menggunakan masker yang mahal.
  2. Virus corona tidak melayang di udara, tapi menempel pada benda, sehingga penularannya tidak melalui udara.
  3. Apabila menempel di permukaan logam, virus corona dapat hidup selama 12 jam. Mencuci tangan dengan sabun dan air sudah cukup.
  4. Apabila menempel di kain, virus corona dapat hidup selama 9 jam, sehingg mencuci pakaian atau menjemurnya di bawah sinar matahari selama 2 jam sudah cukup untuk membunuhnya.
  5. Apabila menempel di tangan, virus corona dapat hidup selama 10 menit, sehingga menyediakan sterilizer berbahan dasar alkohol cukup untuk berjaga-jaga.
  6. Apabila berada di udara bersuhu 26-27 °C, virus corona akan mati sehinga tidak hidup di daerah panas . Di samping itu, minum air panas dan berjemur di bawah sinar matahari sudah cukup sebagai pencegahan.
  7. Menghindari makanan dan minuman dingin termasuk ice cream sangat penting.
  8. Berkumur sampai dalam dengan air hangat dan garam akan membunuh virus corona di sekitar anak tekak (telak – Jw.) dan mencegahnya masuk kedalam paru-paru.

Dengan mengikuti petunjuk ini semoga cukup untuk mencegah virus corona.

Semoga kita terhindar dari Virus Corona ini, dan jaga kesehatan anda, keluarga dan saudara.

Sumber: Organisasi Kesehatan Dunia