Pentingnya Menjaga Masa Kehamilan Dan Pasca Melahirkan

Posted on

Masa kehamilan merupakan masa yang spesial dan istimewa bagi semua wanita di dunia ini. Pada saat hamil, seorang ibu haruslah menjaga kondisi kesehatan tubuhnya. Hal ini mengingat di dalam tubuhnya saat itu juga ada makhluk hidup yang harus dijaga. Menjaga kondisi kesehatan bisa dilakukan dengan menjaga konsumsi selama masa kehamilan.

Menjaga konsumsi ini tidak hanya akan berpengaruh bagi si ibu. Akan tetapi akan sangat berpengaruh juga terhadap si calon buah hati. Lantas nutri atau makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil? Anda bisa cari tahu beberapa info atau referensi di https://www.guesehat.com/penuhi-7-zat-gizi-ini-saat-hamil-jika-ingin-anak-cerdas-/slideshow/kalsium.

Langkah Mudah Merawat Luka Bekas Operasi Caesar

Tidak hanya penting menjaga kondisi tubuh pada saat hamil, kondisi tubuh pasca melahirkan pun sangat perlu untuk dijaga dengan baik. Apalagi bagi ibu yang melahirkan secara Caesar. Maka bagi anda yang melahirkan atau berencana melahirkan dengan jalan operasi Caesar, anda wajib mengetahui perawatan luka operasi Caesar yang baik benar.

Banyak dari kalangan ibu baru yang melahirkan dengan jalan operasi Caesar mengeluhkan tentang lamanya penyembuhan atau perawatan dari luka bekas operasi Caesar. Hal ini kemungkinan karena banyak dari mereka yang kurang paham atau kurang wawasan dalam penyembuh bekas operasi Caesar yang baik dan benar.

 Di bawah ini bisa anda simak dengan seksama beberapa langkah yang benar untuk proses penyembuhan dan perawatan pasca operasi Caesar :

  1. Konsumsi banyak nutrisi dan vitamin. Jika makanan dan minuman yang bergizi terpenuhi bagi ibu yang pasca melahirkan secara Caesar maka hal tersebut akan membuat kondisi tubuh lebih cepat pulih. Luka bekas operasi Caesar juga akan cepat sembuh.
  2. Jaga sirkulasi udara pada bekas operasi Caesar dengan baik. Cara ini bisa anda lakukan dengan memakai pakaian yang longgar pasca melahirkan hingga sembuh. Pasalnya luka bekas operasi Caesar tidak boleh tertutup terlalu rapat. Hal ini akan menyebabkan luka menjadi selalu lembab dan kurang mendapat udara. Sedangkan untuk mempercepat keringnya luka, udara sangat dibutuhkan oleh luka.
  3. Hindari beraktifitas secara berlebihan. Terlalu lelah ketika pasca melahirkan secara Caesar akan menimbulkan gangguan pada kesehatan yang juga akan berpengaruh pada bekas luka

operasi yang ada. Bisa saja terjadi iritasi, peregangan pada kulit atau perut, dan gangguan lainnya yang akan berpotensi lama dalam masa penyembuhan bekas luka operasi.

  • Cek kesehatan dan bekas luka operasi ke dokter yang menangani. Melakukan cek secara rutin juga perlu untuk dilakukan. Dengan selalu cek kesehatan maka dokter anda juga akan tahu apa yang selanjutnya harus anda lakukan atau yang akan seharusnya diberikan kepada anda untuk proses penyembuhan luka bekas operasi Caesar tersebut.

Dengan beragam informasi yang telah dijelaskan di atas maka sebagai seorang ibu baru yang mana mungkin ada dari anda baru saja menjalani operasi Caesar maka anda wajib tahu dan menjaga kondisi badan pasca operasi agar tubuh anda lekas sembuh dan tidak mengalami gangguan kesehatan yang berbahaya.