Tiga Cara Mudah Atasi Kram Perut di Rumah

Tiga Cara Mudah Atasi Kram Perut di Rumah

Posted on

Kram memengaruhi banyak wanita sebelum dan selama haid. Sementara beberapa wanita hanya mengalami kram ringan, yang lain tidak cukup beruntung. Dalam beberapa kasus, rasa sakit akibat kram menstruasi bisa sangat parah dan membuat masalah serius dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Sakit perut saat haid apakah berbahaya jika nyeri dialami  setiap bulan? Ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk mengembalikan kenyamanan Anda. Berikut adalah 10 solusi yang bisa dilakukan di rumah dan terbukti dapat meringankan ketidaknyamanan Anda, dan membantu Anda menjalani kesibukan sehari-hari saat haid.

Menggunakan bantalan pemanas di perut Anda dapat membantu mengendurkan otot-otot rahim Anda. Otot-otot inilah yang menyebabkan kram menstruasi. Panas juga dapat meningkatkan sirkulasi di perut Anda, sebagai cara mengatasi nyeri haid hari pertama. Memakai pembungkus panas untuk kram sebenarnya lebih efektif daripada menggunakan penghilang rasa sakit yang dijual bebas. Selain efektif mengurangi rasa sakit dan kram, penelitian ini juga menunjukkan bahwa peserta yang menggunakan pembungkus panas memiliki lebih sedikit kelelahan dan perubahan suasana hati.

Cara lain adalah dengan menggunakan minyak esensial. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa minyak esensial dapat membantu meringankan kram ketika dipijat ke perut, terutama jika digunakan dalam campuran minyak. Sebelum menggunakan minyak esensial, sebaiknya campur dengan minyak pendamping, seperti minyak kelapa atau minyak jojoba. Minyak tersebut membuat minyak esensial aman untuk kulit Anda. Setelah campuran minyak siap digunakan, gosokkan beberapa tetes di antara tangan Anda dan pijat perut Anda dengan lembut. Para ahli mengatakan memijat dengan gerakan memutar hanya lima menit sehari sebelum dan selama menstruasi dapat membantu mengurangi kram dan meningkatkan sirkulasi di perut Anda.

Sebaiknya juga menghindari makanan tertentu yang dapat menyebabkan retensi air, kembung, dan tidak nyaman. Beberapa jenis makanan yang harus dihindari ketika Anda mengalami kram adalah makanan asin, kafein, alcohol, makanan berlemak. Selain itu, Anda lebih mungkin mengalami kram perut selama periode Anda jika Anda mengalami dehidrasi. Usahakan untuk minum delapan gelas 8 ons air per hari. Anda akan membutuhkan lebih banyak jika panas, jika Anda berolahraga, atau jika Anda merasa haus.