table of contents: [Hide] [Show]

Portal Raja – Ulasan mengenai amalan sunnah sholat idul adha yang akan dilaksankan pada 10 Dzulhijjah nanti, dan sebagai seorang muslim yang taat maka perlu untuk melaksanakan amalan-amalan sunnah dalam sholat idul adha esok hari.

Sholat idul adha dilaksanakan di pagi hari, sama halnya sholat idul fitri dengan pengerjaan 2 rakaat dan setelahnya 2 khutbah. Namun sebelum melaksanakan sholat ied, ada baiknya untuk bisa melakukan atau melaksanakan beberapa hal sunnah yang dapat dilakukan sebelum dan sesudah sholat idul adha nantinya.

Simak ulasan singkat kami terkait amalan sunnah sebelum dan sesudah sholat idul adha, agar kita bisa melaksankan ibadah ini dengan maksimal guna menggapai ridho Allah swt. amin

Amalah Sunnah Sholat Idul Adha

1. Mandi Sunnah Sebelum Sholat Ied

Ada baiknya setelah sholat subuh dilaksanakan, dan sedikit membaca beberapa lembar al Qur’an kemudian bergegas untuk bersiap-siap melaksanakan sholat ied adha, dengan cara mandi sunnah yang diniatkan untuk menghadiri sholat idul adha.

Dan apabila perlu bagi setiap muslim, untuk meniatkan mandi wajib guna membersihkan hadas besar dan hadas kecil. Agar benar-benar dalam kondisi yang suci ( taharoh ).

2. Menggunakan Pakaian Terbaik dan Wewangian

Selanjutnya adalah, mengunakan pakaian terbaik dari yang kita miliki namun sejatinya tidaklah harus memakai pakaian yang baru. Bersih dan suci itu menjadi point wajib dalam menggunakan pakaian untuk melaksanakan sholat idul adha.

Selain pakaian, perlu dan sunnah untuk menggunakan parfum yang harum dan wangi agar pelakasanaan ibadah sholat teras nyaman dan khusyuk. Serta tidak menggangu jamaah yang disekitar sebab aroma tubuh yang kurang sedap.

3. Melewati Jalan yang berbeda saat Pergi dan Pulang

Sebagaimana diriwayatkan dari Muhammad bin Ubaidillah bin Abi Rafi dari ayah dan kakeknya berkata, “Rasulullah SAW mendatangi salat Id berjalan kaki dan beliau pulang melalui jalan berbeda dari yang dilaluinya saat pergi.” (HR. Ibnu Majah)

4. Makan Setelah Sholat Idul Adha

Berbeda dengan sholat idul fitri yang dianjurkan untuk makan terlebih dahulu sebelum melaksanakan sholat, dikarenakan telah berpusa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Namun pada saat sholat idul adha, disunahkan untuk berpuasa ( tidak makan minum ) sebelum sholat idul adha. Dan setelah sholat disunnahkan untuk makan.

5. Memperbanyak Membaca Takbir saat Pergi dan Pulang dari Sholat Idul Adha

Sunnah saat berjalan hendak menuju Masjid ataupun Surau, untuk mengucapkan kalimat dzikir berupa takbir dan begitu pula setelah sholat untuk pulang kerumah masing-masing dianjurkan pula membaca takbir.

Nah itu sedikit dari pada amalan-amalan sunnah pada sholat idul adha yang bisa diamalkan bersama, agar kita bisa meniru dan menaladani ajaran dari baginda Nabi Muhammad saw.

Semoga bermanfaat dan terimakasih

Editor : Kareem

Share:

Kareem Rijal

Penulis Negeri di Atas Air, mewarnai langit Nusantara. Membasahi dataran Cinta terlarang.